kulo-Tech Headline Animator

Selasa, 19 Oktober 2010

Mengapa di antara seluruh Malaikat, Izraillah yang diperintahkan untuk mencabut nyawa ??

Dalam sebuah hadist mu'tabar yang dinukil dari Imam Ja'far As-shodiq disebutkan bahwa ketika berkehendak untuk menciptakan Nabi Adam a.s. Allah SWT memerintahkan Jibril a.s. turun ke bumi untuk mengambil tanah dari beberapa jenis tanah bumi. Ketika Jibril a.s. hendak mengambilnya, bumi menanyakan tentang tujuan Allah menciptakan Adam.

Jibril a.s. menjawab, "Karena Allah akan memerintahkan kepada Adam a.s. dan keturunannya untuk menyembah-Nya. Setiap yang taat di antara mereka akan berada dalam naungan rahmat-Nya dan dipersilahkan masuk ke surga. Sementara, Dia akan menyiksa siapasaja di antara mereka yang menentang-Nya dan tidak taat kepada-Nya maka dimasukkan ke dalam penjara Jahanam-Nya untuk selama-lamanya.

Ketika mendengar ucapan Jibril a.s. bumi bersumpah atas nama Allah, "Aku tidak sanggup dan tidak memiliki kekuatan untuk menanggung azab Allah." Oleh karena itu, Jibril tak mengambil apapun dari bumi, lalu kembali kepada Allah dan menceritakan alasan bumi yang bersumpah dengan keagungan Allah bahwa dia tidak memiliki kesanggupan untuk menanggung azab-Nya.

Kemudian Allah memerintahkan kepada Mikail dan Israil a.s. untuk mengambil tanah itu. Bumi pun bersumpah kepada keduanya bahwa dia tidak memiliki kesanggupan memikul azab Allah. Keduanya pun kembali kepada Allah tanpa membawa sedikit tanah pun.

Kemudian Allah memerintahkan Izrail untuk mengambil tanah itu. Ketika Izrail hendak mengambil tanah itu, meski bumi telah bersumpah atas nama Allah, dia tetap tak hirau sembari berkata, "Aku takut melanggar perintah Allah; aku sama sekali takkan melanggar perintah Tuhanku, walau dengan segala perendahan dirimu."

Izrail tetap mengambil beberapa tanah dan mempersembahkan ke hadapan Allah SWT.
Kemudian, Allah memberikan penghargaan kepadanya dan berfirman, "Karena engkau telah melaksanakan perintahku dengan menghadirkan tanah ini dan engkau tidak menghiraukan serta tidak berbelas-kasih atas perendahdirian dan keluhan bumi, maka Aku memerintahkan kepadamu untuk mencabut ruh anak Adam. Sehingga, engkau tidak akan memberi rahmat kepada seseorang pun, meski itu seorang anak dalam buaian ibunya. Dan engkau akan memisahkan ibu dengan anaknya dan dua orang bersaudara dengan kematian. Dan juga antara suami-istri yang bertahun-tahun telah terikat kasih-sayang, engkau akan pisahkan pula dengan kematian."

Dengan alasan inilah Allah memerintahkan atau memberikan tugas kepada Izrail untuk mencabut nyawa hamba-hamba-Nya.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku