kulo-Tech Headline Animator

Senin, 04 Juni 2012

MANFAAT TEKNOLOGI "DIGITAL" BAGI ANAK BANGSA

A.               A.      Pendahuluan
          Sebelum kita membahas tentang Teknologi Digital, kita harus mengetahui arti kata teknologi itu sendiri.  Kata Teknologi memiliki banyak makna, salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai dikenal sebelum sains dan teknik.
            Teknologi dibuat atas dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Meskipun demikian, penemuan yang sangat lama seperti roda juga disebut sebuah teknologi.

           
Sedangkan, kata Digital adalah yang berhubungan dengan angka-angka untuk  sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran.  Arti istilah digital dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut:
“Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit.”

B.               Pengertian
          Teknologi sekarang ini benar-benar sedang berkembang pesat. Kita terus-menerus mempunyai kebutuhan yang sepertinya sudah sulit dipenuhi oleh teknologi analog, untuk itulah teknologi digital dikembangkan. Teknologi digital dalam komunikasi adalah hal yang sangat penting.
            Teknologi analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut. Telepon yang semenjak awalnya, merupakan salah satu penerapan dari analog, termasuk juga dalam hal penyiaran radio dan televisi. Kini sudah mulai berubah menuju sistem digital yang lebih canggih, cepat dan efisien.
C.        Keunggulan Teknologi Digital
          Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
·         Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
·         Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
·         Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
·         Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif
            Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.

PENUTUP
             Hadirnya Teknologi Digital pada era ini sangat membantu dalam transaksi, informasi, dan komunikasi. Perkembangan Teknologi dari waktu ke waktu semakin canggih. Hal ini membantu tehadap generasi-generasi muda kita khususnya di Indonesia untuk mengembangkan karyanya khususnya pada bidang Teknologi. Teknologi Digital akan mempermudah kita untuk menggunakannya yang berupa Gadget (HP, Radio, TV, dll) denga segala macam spesifikasi dari setiap gadget tersebut akan memberikan daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Kecanggihan dari Teknologi Gadget tersebut tergantung pada komponen dan menu interface yang telah disediakan dari gadget-gadget tersebut. 
             Dengan adanya even yang bertemakan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Indonesia ini akan membangkitkan jiwa-jiwa kreatifitas atau akan menumbuhkan ambisi untuk membuat dan memanfaatkan Teknologi yang ada sehingga dapat membantu dalam proses keseharian hidup kita pada era globalisasi seperti ini.
Kunjungi :
          

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Iklan Mobil Iklan Properti

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku