kulo-Tech Headline Animator

Jumat, 08 Juni 2012

Teknologi Digital Internet dalam Mobil

KEMAJUAN teknologi komunikasi informasi tampaknya tidak lagi mengenal batas-batas dimensi ruang dan waktu. Cara kita berkomunikasi, cara kita bekerja, dan cara kita menjalankan hidup ini menjadi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi komunikasi informasi yang tidak henti-hentinya menampilkan berbagai kemajuan yang tidak ada habis-habisnya.

KARENA salah satu ciri alamiah teknologi komunikasi informasi ini tidak lagi memiliki batasan-batasan formal secara fisik, pengembangannya pun menjadi tidak terbatas. Bahkan, ciri konvergensi dari berbagai perangkat teknologi sekarang ini memungkinkan berbagai hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Konvergensi teknologi komunikasi informasi dalam kehidupan sehari-hari menjadi sesuatu yang nyata, bisa diarahkan sesuai dengan kehendak para penggunanya, serta yang disebut sebagai inovasi adalah perkawinan dari berbagai teknologi tersebut. Pandangan ini yang kemudian membawa peralihan di kalangan industri teknologi komunikasi informasi menuju konsumen elektronik menjadikan rumah-rumah sebagai sasaran baru perkembangan teknologi.

Ketika kita mulai menjalankan kehidupan rumah digital maupun kantor digital dengan mengakses foto dan suara digital, integrasi keseluruhan menjadi lengkap dengan pembentukan apa yang disebut sebagai mobil digital. Gagasannya sederhana, memindahkan kemampuan komputasi dan komunikasi ke sebuah mobil, memperpanjang kehidupan digital ke jalanan.

Perwujudan gagasan ini dimulai ketika melakukan pekerjaan relawan teknologi untuk membantu daerah bencana di Aceh. Dimulai dengan sumbangan sebuah kendaraan Honda CRV dari PT Honda Prospect Motor yang tidak hanya digunakan untuk transportasi di daerah bencana, tetapi sekaligus memanfaatkan semaksimal mungkin mobilitas sebuah kendaraan untuk dijadikan sebagai sebuah data transfer mobile center, melayani kepentingan para pekerja relawan yang mengumpulkan berbagai data di daerah bencana.

Sistem “carputer”
Sebuah kendaraan yang dilengkapi dengan komputer sebenarnya bukan hal yang baru. Di berbagai negara maju, mobil berkomputer sudah lebih dahulu dikembangkan dengan tujuan sebagai alat bantu navigasi yang dilengkapi dengan perangkat global positioning system (GPS) yang secara akurat membantu pengendara mobil ke berbagai tempat tujuan.

Di Indonesia gagasan ini dimulai oleh seorang anak muda bernama Jeffry Cucu, yang membentuk PT Auto Digital Lifestyle, untuk mengembangkan komputer di mobil apa yang disebutnya sebagai Mobile Internet Navigation Data (MIND). Dan Jeffry memulainya sebagai sebuah hobi.

Produk MIND yang dikembangkan Jeffry bermula pada pergaulannya yang bertemu dengan perangkat GPS, teknologi militer yang menjadi populer memanfaatkan satelit yang bertebaran di angkasa. Untuk menghasilkan MIND ini, Jeffry melakukan beberapa riset, khususnya bagaimana mengintegrasikan motherboard komputer dengan sistem listrik sebuah kendaraan.

“Memang menggunakan sebuah konverter arus keras ke arus lemah bisa dilakukan, tapi persoalannya bukan mengintegrasikan, tapi menambah perangkat komputer ke dalam kendaraan,” jelasnya. Yang diinginkan Jeffry adalah sistem komputer yang bisa berfungsi secara bersamaan dengan mekanisme listrik kendaraan.
Artinya, pada saat kendaraan dihidupkan, sistem komputer juga bisa berfungsi seperti halnya sistem audio stereo yang dikenal para pemilik mobil yang tinggal memutar tombol.

Dan kunci pengembangan MIND ini terletak pada sebuah pacu daya listrik yang dikembangkan sendiri oleh Jeffry melalui beberapa eksperimen. Hasilnya memang memuaskan, sebuah sistem komputer di dalam mobil (sering juga disebut sebagai carputer) yang mampu melayani seluruh kebutuhan digital kita.

Tahan panas
Perangkat MIND yang dikembangkan Jeffry menggunakan motherboard dengan faktor bentuk Mini-ITX, dengan sistem prosesor grafik yang terintegrasi yang berbagi memori dengan memori DDR sampai kapasitas 1 GB.

Dalam pengujian MIND yang terpasang pada Honda CRV yang digunakan oleh Tim AirPutih di wilayah Aceh, memang diperlukan sebuah sistem yang andal agar mampu menghadapi berbagai guncangan serta mampu bertahan dalam kondisi panas yang ekstrem. Sistem MIND sendiri mampu bertahan sampai 80 derajat Celsius untuk tetap bisa berfungsi melakukan komputasi.

Memang, ketika pemasangan sistem MIND tidak dilakukan secara sempurna, Kompas mengalami sistem MIND yang menggantung tidak bisa hidup dan terus-menerus melakukan rebooting. Namun, setelah pemasangan kembali sistem operasi MIND menggunakan Windows XP, seluruh sistem berjalan sempurna.
Monitor pada sistem MIND menggunakan layar sentuh, menyesuaikan kondisi pengendara yang tidak mungkin melakukan aktivitas komputasi menggunakan mouse. Karena sistem ini juga memiliki saluran rongga Universal Serial Bus (USB), pemasangan keyboard (pada kendaraan Honda CRV menggunakan keyboard dari karet, lihat foto kanan bawah), mouse, USB Driver kapasitas 1 GB, serta perangkat GSP menjadi lebih mudah.

Bahkan, ketika dihubungi dengan sebuah ponsel modem CDMA-EVDO, akses jaringan internet mampu mencapai kecepatan rata-rata 300-600 kbps memanfaatkan sistem jaringan Mobile-8.

Memang, sistem GPS yang terpasang pada sistem MIND tidak seakurat yang dibayangkan orang awam. Dari berbagai pengujian, akurasi sistem GPS yang dihubungkan dengan rongga USB dan memanfaatkan aplikasi GPSS (www.gpss.co. uk), akurasi perangkat GPS tercatat selebar 300 meter dari posisi yang diinginkan.
Namun, sistem GPS dengan aplikasi GPSS ini mampu secara akurat menyebutkan arah (heading), posisi terhadap mata angin, dan kecepatan kendaraan dihitung secara rata-rata dan sesuai dengan speedometer Honda CRV.

Perubahan pesat
Pemanfaatan sistem MIND pada Honda CRV digunakan untuk diseminasi berbagai data yang dikumpulkan berbagai LSM di Aceh, baik berupa data pengungsi maupun data-data yang berkaitan dengan proses rekonstruksi dan rehabilitasi.

Kehadiran jaringan internet pada sebuah mobil, sistem MIND juga bisa dihubungkan menggunakan sistem nirkabel 2,4 GHz untuk menjadi acces point atau menjadi client yang terhubung pada hotspot terdekat, menjadikan keseluruhan kehidupan digital menjadi berbeda.

Bayangkan kondisi kemacetan lalu lintas kota Jakarta yang sering kali membuang waktu, sementara pekerjaan yang ada di kantor tidak tersentuh. Melalui sistem MIND, siapa saja dengan mudah untuk melakukan pekerjaannya di tengah-tengah kemacetan lalu lintas.

Pada sebuah ambulans, sistem MIND menyelamatkan nyawa manusia. Pada mobil patroli polisi, sistem MIND menjadi alat bantu penting mencegah kejahatan. Pada kendaraan niaga, sistem MIND secara mudah membantu penataan alokasi transportasi dan sebagainya.

Konvergensi yang menghubungkan sebuah kendaraan dengan dunia luar melalui koneksi nirkabel memberikan sebuah relevansi yang berbeda pada saat kita menyetir mobil. Konvergensi ini menghadirkan perubahan yang pesat, sama pesatnya dengan kemajuan internet yang mengubah cara kita bekerja dan bermain.

Kunjungi :
Komunitas Ngawur
Pusat Teknologi
Blogger Nusantara

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku