kulo-Tech Headline Animator

Senin, 09 Juli 2012

MANFAAT DIGITAL TEXTILE PRINTING

A. PRNDAHULUAN
     Jika selama ini pencetakan kain dalam industri tekstil dilakukan dengan cara screen printing atau roll printing, ke depan semua itu bisa jadi hanya tinggal kenangan.
      Sistem cetak screen printing dan roll printing menghasilkan banyak limbah cair sehingga saat ini beberapa negara Eropa, Amerika maupun China melarang mendirikan pabrik baru yang mencemari lingkungan. Hal ini disebabkan pemerintah di negara maju sudah menerapkan eco friendly product untuk menekan limbah seminim mungkin dan digital textile printing adalah salah satu jalan keluarnya.
     Pada saat ini digital textile printing boleh dikatakan masih dalam taraf awal. Ini mirip dengan perkembangan komputer. Beberapa dekade lalu, saat program personal komputer diperkenalkan, sistemnya masih menggunakan program DOS atau Wordstar dan Lotus. Belum ada operating system Windows dengan MS Office seperti saat ini. Demikian juga dalam bisnis textile printing. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Harga tinta yang masih relatif mahal
  • Kecepatan mencetak yang masih lambat
  • Harga mesin digital printer juga masih sangat mahal
     Tetapi dari tahun ke tahun, kecepatan mesin printer semakin bertambah dengan sangat pesat. Beberapa tahun yang lalu, kecepatan printer hanya mencapai 10 meter/jam tapi kini bisa mencapai rata-rata 100 meter/jam. Bahkan KORNIT dalam waktu dekat akan meluncurkan mesin printer dengan kecepatan 280 meter persegi per jam.
     Di masa depan diperkirakan harga tinta akan turun drastis dibanding saat ini. Para produsen mau tidak mau harus sudah mempersiapkan diri menghadapi evolusi di dalam industri tekstil dan apparel. Memang industri screen printing untuk kelas menengah kebawah masih tetap ada. Tetapi dengan semakin kerasnya desakan dari pemerintah maupun merek-merek ternama dunia yang mempersyaratkan eco friendly product, mau tidak mau pengusaha akan mengikutinya.

B. PEMBAHASAN
     Saat ini tantangan bagi banyak industri printing khususnya di bidang tekstil dan garmen adalah penurunan harga produk, waktu produksi yang pendek, kualitas yang lebih baik, dan yang tidak kalah pentingnya adalah isu produk yang ramah lingkungan. Peluang ini disambut baik oleh produsen printer dengan menciptakan teknologi digital printing. Beberapa kelebihan dari digital printing adalah sebagai berikut:
  • Kualitas Tinggi
  • Biaya Rendah
  • Ringkas
  • Penyesuaian Ordering
      Berikut penjelasan mengenai kelebihan yang dimiliki oleh digital printing khususnya di bidang Textile.
High Quality adalah kualitas yang dimiliki printer dengan resolusi tinggi seperti yang kita inginkan dengan ketajaman yang luar biasa. Printer yang berani meningkatkan daya resolusinya berarti memiliki kualitas yang profesional dalam kelas percetakan. Tinta pun tidak menjadi masalah dalam kualitas hasil mencetak. Artinya memakai tinta menengah pun hasil akan terlihat seperti memakai tinta kelas atas dengan bantuan daya resolusi tinggi serta konfiguras warna yang tepat.
      Low Cost (biaya rendah), dalam dunia teknologi semua penuh dengan persaingan layaknya sistem kapitalis. Dia yang berani murah dan kualitas tinggi serta praktis dan ringkas maka akan menjadi raja dalam dunia teknologi. Selayaknya Digital Printing ini, selain memberikan kualitas tinggi dalam hasil percetakannya, serta harganya yang terjangkau. Maka tentu akan banyak sekali yang berminat untuk memakainya.
     Short Run (ringkas), Arti ringkas ialah mempersingkat waktu kinerja. Telah kita ketahui bahwa alat printing yang sekarang beredar di percetakan rumahan maupun di perusahaan masih terbilang lambat yang menghasilkan beberapa meter saja per jam nya. Hal itu menjadi masalah bagi perekonomian dari perusahaan tersebut. Digital Printing mampu memberikan waktu yang singkat serta dapat mempercepat hasil percetakannya per jam. Ini yang sangat diharapkan bagi pembisnis percetakan maupun dalam dunia textil.
     Customize, penyesuaian terhadap orderan atau pesanan yang juga menjadikan masalah bagi mereka yang menggunakan printer yang harus mencetak hasil yang banyak dalam satu waktu. Misalkan mereka mendapat pesanan 3 potongan tapi mereka mengHandle dikarenakan printer yang tidak memadai dengan hanya mencetak sedikit dalam sekali waktu. Digital Printing ini mampu memberikan layanan mencetak sedikit dalam sekali waktu.

C. KESIMPULAN
     Dengan semakin canggihnya alat teknologi digital yang bertujuan untuk mempermudah penggunaannya juga memberikan dana yang relatif murah dan terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Hal ini juga sangat dinantikan terhadap teknologi yang lainnya agar memberikan pelayanan dan kualitas tinggi dengan harga  murah dan terjangkau untuk proses kelancaran dan kekreativan bagi anak Bangsa Indonesia.

Komunitas Ngawur 
Pusat Teknologi 
Blogger Nusantara 

1 comments:

Berbagi Bersama [Reply] mengatakan...

Selamat mengikuti lomba.
salam kenal.
ditunggu ya kunjungan baliknya , ,
Makasih ^.^

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku