kulo-Tech Headline Animator

Rabu, 04 Juli 2012

PEMANFAATAN TABLET BAGI PENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN
     Thomas Edison pernah berkata pada tahun 1925 bahwa "buku akan segera usang di sekolah. Para sarjana akan segera mengajar melalui mata". Dan ini bisa jadi adalah apa yang dikatakan orang tentang tablet.
     Terdapat pertumbuhan eksponensial dalam kemajuan teknologi pendidikan selama beberapa tahun terakhir ini. Salah satu perangkat yang kini dianggap menjadi sarana pendidikan yang potensial adalah tablet. Komputer tablet lebih kecil dari laptop dan lebih besar dari Smartphone, perangkat ini sangat cocok untuk dibawa kemana saja dan digunakan di mana saja. Anda dapat browsing internet, membaca buku, bermain game, menonton film, dan banyak lagi.

     Dalam era modern, komputer tablet dipandang sebagai perangkat besar untuk segala usia, tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak pun dapat mengambil manfaatnya. Jika Anda melihat “budaya anak-anak" dimana mereka tak lepas dari buku, DVD, mainan dan banyak lagi, maka tablet dapat membuat semua itu menjadi satu dalam sebuah perangkat mobile.
     Dalam dunia elektronik, ada dua jenis orang tua yang menjadi konsumen, yakni mereka yang tertarik untuk membeli komputer tablet untuk anak-anak mereka dan mereka yang menentang keras melakukannya. Untuk kelompok yang terakhir, sebagian besar penolakan yang berasal dari harga. Elektronik, setelah semua, cukup mahal. Mempertimbangkan seberapa sering anak-anak cenderung untuk menjatuhkan atau menghancurkan sesuatu, menghabiskan jutaan rupiah dalam satu perangkat tentunya bukanlah sebuah investasi. Namun dibalik itu ada banyak manfaat tablet yang bisa dirasakan baik oleh orang tua terutama oleh anak mereka.
     Dalam sebuah studi di bulan Oktober 2011, PBS menemukan bahwa antara 39 dan 45 persen orang tua dengan anak-anak 2 sampai 10 tahun berpikir teknologi seperti komputer tablet menawarkan anak-anak mereka sarana pendidikan yang potensial , sedangkan hanya 12 sampai 15 persen menganggapnya sebagai gangguan atau tidak lebih dari hiburan. Oleh karenanya jika Anda sedang mempertimbangkan memberikan anak-anak Anda tablet mereka sendiri, maka Anda harus dengan cermat menemukan nilai pendidikan dan hiburan terbaik dari tablet ini terlebih dahulu agar ia benar-benar menjadi sarana pendidikan bagi mereka.
Anak-anak kita secara alami suka meneliti, dan komputer tablet adalah cara yang bagus untuk memberi mereka sarana untuk memperluas kreativitas mereka dan membiarkan semangat dan kecintaan mereka terhadap pengetahuan dan belajar untuk tumbuh berkembang.
     Jika Anda telah berbagi perangkat tablet dengan anak-anak Anda, mereka mungkin menikmatinya sebanyak Anda. Tablet bisa menjadi sarana pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak. Dengan tablet, anak-anak bisa belajar untuk membaca, menulis dan berhitung.
     Jika Anda mencari di YouTube, terdapat ratusan video dengan bayi yang masih berumur 2 bulan bermain synthesizer virtual, permainan menghitung dan banyak permainan alfabet dengan menggunakan komputer tablet.
     Dengan tablet, anak-anak juga bisa menonton TV, film dan kartun. Menjadikannya sebagai stasiun media kecil, meninggalkan ruang untuk tv atau komputer di rumah yang seharusnya dapat ditempati.
     Komputer tablet juga memungkinkan anak-anak bisa bermain game, dan bahkan mewarnai dalam buku mewarnai virtual. Ini membuat anak-anak cepat menjadi nyaman menggunakan tablet, sebagaimana dua Universitas New Hampshire profesor temukan ketika anak-anak belajar menulis dan menggambar dengan menggunakan perangkat tersebut. Meskipun tablet "tidak akan menggantikan media tradisional, seperti spidol dan krayon," menggunakan satu pilihan dapat memotivasi anak dalam proses belajar, bahkan asisten penulis Dr Leslie couse, menambahkan bahwa "anak-anak harus aktif terlibat, dan kita harus mempromosikan teknologi yang memberikan mereka pilihan untuk menggunakan imajinasi mereka.”
     Kontrol orangtua adalah pilihan keselamatan penting yang memungkinkan Anda mengontrol situs, aplikasi atau waktu yang anak Anda habiskan pada tablet, dan juga memungkinkan Anda melihat apa yang anak Anda lakukan dengan tablet mereka.
     Banyak tablet datang pra-load dengan kebanyakan aplikasi untuk anak-anak, aplikasi menghibur dan aplikasi pendidikan. Sebelum Anda puas, Anda dapat melengkapi komputer tablet Anda dengan aneka aplikasi yang sesuai apakah e-book pembelajaran, program matematika dan lain-lain. Anda akan menemukan lebih dari 800 aplikasi khusus dipasarkan untuk anak-anak di iTunes. Intinya Anda benar-benar harus mencari tahu yang terbaik untuk kebutuhan Anak Anda
     Akhir-akhir ini tablet tengah digandrungi oleh banyak orang. Dengan adanya tablet, perlahan eksistensi buku tergeser. Anak-anak sekolah saat ini lebih menyukai membawa perangkat tablet dibandingkan buku-buku yang dirasa terlalu membebani. Kemampuan dalam konektivitas dengan jaringan internet pun menjadi kelebihannya tersendiri. Kehadiran tablet sepertinya sudah harus mendapatkan tempat tersendiri di dunia pendidikan. Salah satunya adalah dengan hal-hal berikut ini.
Education
     Salah satu di antara fungsi tablet PC yang paling menjanjikan dalam dunia pendidikan saat ini adalah menerapkannya pada pendidikan anak-anak cacat. Layar sentuh tablet telah terbukti menarik bagi anak-anak, karena memberikan kepuasan instan, kontrol yang lebih, dan kebebasan. Hal yang sama juga terbukti pada anak-anak dengan keterbatasan fisik tertentu. Anak-anak yang memiliki ketrampilan motorik terbatas menemukan layar sentuh lebih mudah untuk digunakan daripada desktop PC yang memerlukan penggunaan mouse. Untuk siswa dengan gangguan penglihatan, layar yang lebih tajam dan terang akan membuat lebih mudah bagi mereka untuk membacanya.
      Dan laporan positif terakhir mengenai fungsi tablet PC menunjukkan bahwa siswa yang menghadapi soal matematika menyukai memecahkan masalah melalui tablet PC karena lebih menyenangkan daripada bekerja dengan buku pelajaran.
Publishing
     Fungsi tablet PC cenderung memiliki dampak besar pada industri penerbitan khususnya di bidang pendidikan. Salah satu perkembangan yang paling penting baru-baru ini adalah peluncuran dan distribusi tablet PC seharga $35 dengan nama Aakash kepada siswa India. Pada harga tersebut, tablet PC menjadi jauh lebih mudah diakses oleh banyak siswa India. Kementerian Pendidikan India melakukan pembelian sekitar 100.000 tablet untuk mensubsidi biaya sehingga siswa dapat membelinya seharga $35.Di banyak negara lain di seluruh dunia, fungsi tablet PC cenderung digunakan oleh industri penerbitan. Semakin banyak buku pelajaran sekolah akan bisa diakses melalui tablet PC. Siswa dari SD sampai mahasiswa akhirnya akan memiliki sebagian besar buku pelajaran mereka pada tablet.
     Tetapi masalah yang muncul dari berubahnya buku pelajaran menjadi bentuk e-book yang bisa diakses melalui tablet PC adalah tidak semua buku tersebut tersedia online secara gratis. Siswa miskin tetap belum tentu bisa membeli buku-buku tersebut. Kendala lainnya adalah, sistem pembelian secara online juga masih terbatas saat ini, dalam artian tidak semua orang memiliki akses dan dapat dengan mudah melakukan pembelian online. Dibutuhkan suatu kriteria tertentu seperti kartu kredit atau rekening bank, dimana tetap saja siswa miskin tidak memiliki akses. 

B. PEMBAHASAN
     Sebuah tablet PC memiliki fungsi yang serbaguna, lebih dari sekedar perangkat untuk menikmati konten hiburan. Sekarang Samsung Galaxy Tab telah siap untuk berperan penting dalam membuat sistem “Smart School” di sekolah-sekolah umum di Korea.
     Samsung Electronics dan sekolah tinggi Daegu telah menjalin persetujuan untuk menciptakan “Smart School” melalui Samsung Galaxy Tab. Galaxy Tab akan mendukung berbagai tujuan pendidikan termasuk berbagi konten pendidikan secara nirkabel dan “specialized classrooms according to subjects”(SCAS) (sistem dimana para siswa bermigrasi ke sebuah ruang kelas tertentu berdasarkan tingkat pembelajaran individu).
     Sistem manajemen siswa yang komprehensif untuk SCAS telah dioptimalkan untuk Galaxy Tab 7-inci dan fungsi RFID yang memudahkan guru untuk mengelola siswa.
     Selain itu, komunikasi interaktif dapat diwujudkan antara guru dan orang tua siswa menggunakan fitur chatting jarak jauh yang ada ditablet PC dan pengiriman kartu laporan/raport di kirim secara online.

     Tidak hanya di Korea yang menggunakan fasilitas tablet untuk pendidikan belajar-mengajar. Di Amerika dihujani oleh perusahaan Google dengan andalan fasilitas teknologi berbasis digital yang memupuni dalam bidang belajar-mengajar.
    Sepertinya Google benar-benar serius menjalankan komitmennya untuk memasuki dunia pendidikan dengan teknologi mereka. Dengan mengandalkan Chromebook, Google telah masuk ke 500 kabupaten di Amerika Serikat dan Eropa.
     Dikutip dari techcrunch.com, salah satu tujuan Google adalah memberikan dukungan pada dunia pendidikan dengan mempertemukan sisi perangkat keras dan perangkat lunak yang ditetapkan PARCC (Smarter Balanced Assessment Consortia and the Partnership for Assessment of Readiness for College and Careers). PARCC merupakan konsorsium yang salah satu tugasnya menganalisa jumlah perguruan tinggi dengan ketersediaan tenaga kerja.
     Dalam peluncuran laptop tersebut, Google juga mengeluarkan beberapa ‘tools’ dan aplikasi web buat mahasiswa dan administrator di konferensi International Society for Technology in Education (ISTE). Dengan program tersebut Google berharap dapat memudahkan penggunaan, instalasi dan pengelolaan aplikasi web untuk seluruh sekolah. 
     Akan tetapi salah satu pentolan pakar teknologi sekaligus seorang yang pernah menjadi terkaya di dunia menolak bahwa Tablet tidak cocok untuk siswa atau anak sekolah.
Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, perangkat komputer tablet kini menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar di sekolah.
     India, misalnya, telah meluncurkan Aakash, tablet murah yang khusus diperuntukkan bagi pelajar di negeri Bollywood tersebut.
     Namun kata pendiri Microsoft, Bill Gates, ternyata tablet tak cocok digunakan di sekolah. Dikutip dari situs teknologi The Verge, Senin, 2 Juli 2012, ia menyebut permasalahan yang dihadapi tablet adalah perangkat ini tidak memiliki keyboard, sehingga mempersulit siswa untuk melakukan kegiatan yang bersifat interaktif.
      "Di sekolah siswa tidak hanya membaca. Mereka seharusnya juga belajar dengan menulis dan berkomunikasi," ujarnya dalam wawancara dengan Chronicle of Higher Education.
      Dibanding tablet, Gates menyebutkan bahwa PC berharga murah lebih cocok digunakan di sekolah karena lebih mampu menghadirkan unsur interaktif tersebut.
      Ia juga menyebutkan bahwa sekadar menghadirkan perangkat teknologi dalam kegiatan sekolah bukanlah keputusan yang baik bila tidak diimbangi dengan perubahan kurikulum dan penyesuaian oleh guru.
      Di luar itu, ia menyebut bahwa saat ini perangkat teknologi bukanlah menjadi masalah utama, melainkan akses Internet yang terbatas.
      "Akan sangat menarik bila ada kebijakan khusus yang mempermudah orang untuk mengaksesnya," katanya.


KESIMPULAN
     Teknologi adalah merupakan alternatif yang tidak bisa lepas dari kebutuhan kita sehari-hari. Di era modernisasi ini Teknologi Digital lah yang sangat digemari oleh penggunanya. Selain itu mempermudah dalam menggunakannya juga sangat membatu dalam melakukan transaksi dalam pekerjaan misalnya. Di setiap teknologi digital yang ada sekarang salah satunya adalah Tablet. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksinya untuk di promosikan ke tempat pendidika seperti sekolah.
     Dari setiap  Gadget Teknologi Digital memiliki fitu-fitur yang dimiliki dalam gadget tersebut dengan starndart aplikasi yang telah disediakan. Hal itu membuat para pakar Teknologi menentang bahwa tidak layaknya Tablet untuk kalangan siswa seperti yang penulis telah bahas di pembahasan diatas. Tentu hal ini menjadi kontroversi bagi atasan pakar Teknologi.
     Pada era yang sangat bergengsi ini telah dilayani oleh gadget-gadget atau alat teknologi digital yang semakin canggih dengan fitur  dan kegunaannya. Tergantung kita yang memakainya untuk kebutuhan kita masing-masing bahkan bersama. Akankah digunakan dengan hal-hal negatif atau positif.

Kunjungi :
Komunitas Ngawur 
Pusat Teknologi 
Blogger Nusantara 

1 comments:

Lusty [Reply] mengatakan...

Artikel yang bagus kawan...

Salam & sukses

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Iklan Mobil Iklan Properti

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku