kulo-Tech Headline Animator

Senin, 27 September 2010

'Teknologi Terbaru Google' Menerjemahkan Bahasa Asing Lewat Foto

Google Goggles adalah sebuah aplikasi baru yang bisa digunakan di ponsel dengan sistem Android.




Aplikasi Goggles ini bahkan bisa melakukan pencarian (Google Search) berdasarkan gambar dan bukan kata, misalnya saat itu anda sedang jalan-jalan ke San Fransisco dan melihat jembatan Golden Gate dimana pada saat itu anda lupa namanya, cukup dengan mengambil foto jembatan tersebut dan klik “cari”, maka Google Search akan secara otomatis mencari berdasarkan gambar atau foto yang ada.

Dan kali ini Google juga telah mengembangkan teknologinya itu. Aplikasi Goggles tidak hanya bisa digunakan untuk mengidentifikasi gambar atau foto sebuah gedung (landmark) tetapi juga mampu menerjemahkan bahasa Asing. Aplikasi ini bekerja dengan memakai teknologi mesin penerjemah milik Google serta kemampuan pengenal foto.

Jadi, jika saat itu pengguna menemukan teks berbahasa asing, ia tinggal membidikkan kamera ponsel ke teks tersebut. Hanya dalam hitungan detik, Google Goggles akan menerjemahkannya dari hasil jepretan tadi.
Prototipe ini mengkoneksikan kamera ponsel dengan optical character recognition (OCR) untuk menerjemahkan foto ke dalam teks terjemahan dalam 52 bahasa yang didukung Google Translate,” jelas Google. Namun sayangnya, untuk saat ini, aplikasi tersebut baru menyediakan terjemahan Jerman-Inggris.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku