kulo-Tech Headline Animator

Rabu, 06 Juni 2012

MANFAAT TEKNOLOGI KAMERA CCTV

A.                 Pendahuluan
Sistem CCTV diperkenalkan di AS dan Inggris selama tahun 60an dan 70an.sistem CCTV lebih dari seribu kali lebih maju daripada kamera dasar dan konfigurasi monitor yang muncul pertama kali pada tahun 1960. Sistem dari 60s adalah dasar, yang terdiri dari resolusi sangat rendah hitam dan putih kamera dihubungkan dengan kabel koaksial. Setiap kamera terhubung ke monitor hitam dan putih. Sebuah konfigurasi yang dibutuhkan 16 16 kamera monitor. Baru aplikasi sistem keamanan kamera meliputi: kereta bawah tanah dan stasiun, stadion olahraga, toko retail, pusat perbelanjaan, fasilitas umum, taman komunitas, garasi dan tempat parkir.

Teknologi CCTV Evolusi Teknologi dasar berkembang di 60s. Pertama-tama, cctv kotak saklar yang ditambahkan. switch A akan memungkinkan operator untuk beralih di antara kamera. Operator sekarang bisa melihat beberapa pandangan kamera pada satu monitor. Hanya satu kamera dapat dilihat pada satu waktu. 70's membawa multiplexer, VCR dan kamera solid state. Multiplexer memungkinkan layar harus dibagi menjadi beberapa frame pada monitor yang sama. VCR diperbolehkan mudah perekaman dan distribusi video. kamera negara padat membantu meningkatkan kehandalan dan integrasi VCR.
Generasi pertama' CCTV teknologi pada awalnya terhambat oleh beberapa kinerja yang cukup besar masalah terkait.
Di tahun 80-an kami belajar bahwa VCR recorder telah banyak masalah. perekam VCR yang temperamental. Kualitas rekaman sangat miskin. Kombinasi gambar kamera beresolusi rendah, kaset video miskin kualitas dan solusi teknologi yang rendah berarti bahwa gambar yang buram dan tidak jelas tidak bisa diandalkan bahkan untuk tujuan identifikasi yang meyakinkan.
Teknologi VCR tidak bisa membiarkan operator untuk meninjau dan mencatat peristiwa secara bersamaan dan itu adalah proses yang sangat memakan waktu untuk menemukan dan meninjau peristiwa tertentu.
Tidak ada deteksi gerakan kemampuan dan tidak ada cara untuk melihat peristiwa dari lokasi terpencil. Mahal untuk apa yang Anda dapatkan Meskipun awal sistem CCTV diberikan hanya fungsi dasar dan kinerja yang relatif moderat, mereka cukup mahal - baik dari segi biaya peralatan dan instalasi awal. Karena ini masih merupakan industri pertumbuhan baru, masih kurangnya installer yang berkualitas dan terampil.
Generasi berikutnya The Next Generation CCTV The '' sistem CCTV tiba di pertengahan tahun 90-an. Teknologi baru ini adalah berbasis komputer Digital Video Recorder (DVR) DVR memungkinkan gambar yang akan direkam pada resolusi yang lebih tinggi dari sebelumnya. DVR dieliminasi masalah besar dengan sistem generasi pertama CCTV - Video Tape! keluar aus, lupa untuk mengubah rekaman, kaset rekaman VCR.
DVR yang otomatis dan tidak memerlukan campur tangan pengguna. Ketika saatnya untuk melihat gambar direkam, DVR terus merekam. Gambar adalah waktu dan tanggal dicap dan sangat mudah untuk diperiksa. DVR menggunakan IP (Internet Protocol) teknologi memungkinkan pengguna berwenang jauh untuk melihat, mengirim dua audio cara, sepenuhnya mengontrol kamera dan sistem itu sendiri melalui jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN) atau melalui internet. Dengan akses yang fleksibel seperti itu, generasi modern dari kamera CCTV dapat dioperasikan secara jarak jauh dari pusat kontrol atau bahkan di mana saja dengan akses internet. Sama, tinggi kualitas gambar digital dapat dialirkan mana saja dan ditangkap di lokasi yang nyaman dan aman. Tapi bukan hanya platform operasi yang telah dikembangkan secara signifikan; teknologi juga memungkinkan fungsi kamera jauh lebih.
Kamera generasi hari ini dapat PTZ - pan, tilt dan zoom, memiliki pilihan resolusi yang lebih tinggi, berbagai macam lensa dan juga mampu beroperasi di visi malam. Audio juga sekarang menjadi bagian dari teknologi DVR CCTV. Seorang operator sekarang dapat menyinkronkan motion video berbasis peristiwa dengan analisis audio. Dua cara penularan audio memungkinkan operator untuk pertanyaan penyusup mungkin, memberikan instruksi kepada staf dan untuk merekam, cari atau memutar ulang baik dalam bentuk audio dan visual. Next generasi DDTV DVR sistem yang kompatibel dengan teknologi kamera sebelumnya, dan scalable, fleksibel dan dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem manajemen lainnya, seperti kontrol akses dan sistem pengelolaan gedung.
CCTV telah pasti datang jauh sejak tahun 1960-an, sangat jelas bahwa masa depan CCTV aman dan bahwa teknologi akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pasar surveilans.

B.                  Pengertian
CCTV (Closed Circuit Television) merupakan sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu. Hal tersebut memiliki tujuan untuk dapat memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya kejahatan atau dapat dijadikan sebagai bukti tindak kejahatan yang
telah terjadi. Pada umumnya CCTV seringkali digunakan untuk mengawasi area publik seperti : Bank, Hotel, Bandara Udara, Gudang Militer, Pabrik maupun Pergudangan. Pada sistem konvensional dengan VCR (Video Cassete Recorder), awalnya gambar dari kamera CCTV hanya dikirim melalui kabel ke sebuah
Ruang monitor tertentu dan dibutuhkan pengawasan secara langsung oleh operator/petugas keamanan dengan resolusi gambar yang masih rendah yaitu 1 image per 12,8 seconds. Namun seiring dengan perkembanga teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, banyak kamera CCTV yang telah menggunakan sistem teknologi yang modern. Sistem kamera CCTV digital saat ini dapat dioperasikan maupun dikontrol melalui Personal Computer atau Telephone genggam, serta dapat dimonitor dari mana saja dan kapan saja selama ada komunikasi dengan internet maupun akses GPRS.

C.                  Definisi  dan Fungsi CCTV
CCTV (Closed Circuit Television) adalah penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. CCTV paling banyak digunakan untuk pengawasan pada area yang memerlukan monitoring seperti bank, gudang, tempat umum, dan rumah yang ditinggal pemiliknya.
Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Teknologi CCTV modern terdiri dari sistem terkoneksi dengan kamera yang bisa digerakkan (diputar, ditekuk, dan di-zoom) , dapat dioperasikan jarak jauh lewat ruang kontrol, dan dapat dihubungkan dengan suatu jaringan baik LAN, Wireless-LAN maupun Internet.
Sistem CCTV yang paling sederhana terdiri dari kamera statik, multiplexer/switcher dan TV monito. Kamera dapat di tempatkan di beberapa area/ruangan yang dianggap penting dan seluruh kejadian dipantau oleh monitor. sistem ini digunakan dengan pengawasan langsung oleh operator.
Sistem CCTV dengan Video Recorder adalah penambahan alat perekam pada Sistem CCTV Sederhana. Sistem ini terdiri dari kamera statik, multiplexer/switcher, TV monitor dan Video Recorder yang menggunakan kaset VHS, seperti terlihat pada Gambar 2. Dengan adanya alat perekam operator tidak harus terus menerus mengawasi monitor. Alat perekam juga memungkinkan kejadian yang sudah berlalu dapat di review/lihat kembali.
Sistem ini terdiri dari komputer, CCTV Card, dan Software CCTV. Sistem ini adalah kelas yang tertinggi dari teknologi CCTV dengan kualitas gambar yang tinggi, dapat dimonitor dari komputer lain yang ada dalam jaringan LAN, fleksibilas yang lebih baik dibanding DVR, dan banyak keunggulan lainnya.
PENUTUP
            Kamera CCTV adalah sebuah Teknologi yang mempunyai manfaat dalam sistem keamanan. Teknologi yang digunakan dalam Kamera CCTV sangatlah membantu bagi penggunannya dalam pengawasan dan pemantauan terhadap sistem pengamana. Dalam menggunakannya juga tidak terlalu sulit saat Kamera CCTV tersebut bekerja.
            Adanya Kamera CCTV ini yang mewarnai dalam dunia Teknologi di era modernisasi ini adalah kesempatan bagi anak bangsa Indonesia untuk dapat mengembangkan dalam sistem kinerja CCTV yang lebih efisien khususnya pada sistem keamanan. Hal ini sangat membantu bagi perusahaan-perusahaan  atau perumahan yang menggunakan Kamera untuk memantau keadaan sekitar. Apalagi jika Kamera CCTV tersebut diproduksi oleh anak bangsa Indonesia kita sendiri maka akan ada rasa bangga dan penghargaan tersendiri saat menggunakannya.

Kunjungi :

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Subscribe Via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Iklan Mobil Iklan Properti

About Me

kulo-Tech
kulo-Tech Blog menyajikan berbagai informasi terkini dan menyediakan fitur-fitur yg tersedia. Berbagai tutorial telah tersedia disini agar menambah wawasan kita. Blog pribadi kini menjadi blog community dan sebagai layanan media promo bisnis yg telah kami sediakan. Terimakasih pada teman-teman yg telah mendukung dan pihak-pihak yg telah berpartisipasi atas perkembangan kulo-Tech ini. Mohon kritik dan saran
Lihat profil lengkapku